Penjelasan Lengkap Mengenai Press Hidrolik (Hydraulic Press)

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Press Hidrolik merupakan peralatan yang memiliki sebuah prinsip kerja layaknya mesin press. Fungsinya dari Press hidrolik ini ialah dapat membantu dan meluruskan alignment pada kendaraan.
Press Hidrolik merupakan perlengkapan bengkel yang difungsikan untuk dapat melepaskan atau memasangkan bantalan, misalnya pada bagian dari transmisi dan poros engkol. Alat ini dapat bekerja dengan cara mendorong komponen ke dalam ataupun keluar sewaktu hendak akan dilepaskan. Tidak hanya sampai disana, press hidrolik juga dapat difungsikan untuk dapat meluruskan logam yang memang sudah bengkok, misalnya alignment di roda.

Press Hidrolik ini memanfaatkan prinsip hukum Pascal. Press hidrolik terdiri atas dua silinder, yang mana silinder kecil dan juga besar. Secara sederhananya prinsip kerja press hidrolik berdasarkan pada hukum Pascal yang mana pada saat batang press tersebut ditekan, fluida yang bekerja dalam silinder kecil mendorong piston sehingga menekan fluida keluar didalamnya. Fluida kerja ini akan mengalir melalui pipa di dalam silinder yang lebih besar lagi. Tekanan fluida kerja akan mampu mendorong piston pada silinder besar sehingga alat pressnya dapat bekerja.

Konstruksi dari Press Hidrolik terdiri dari tiang penghubung yang terbuat dari baja. Terdapat dua buah tiang penghubung vertikal yang dihubungkan pada bagian atas dengan dua buah tiang penghubung horizontal. Tiang penghubung dibagian atas akan menahan batang penekan. Batang penekan nya memiliki silinder yang mana merupakan komponen utama dari sistem hidrolik ini. Tidak hanya itu saja, Ada dua buah tiang penghubung yang difungsikan untuk mampu menahan bagian bawah mesin press. Dibagian bawah ini tiang penghubung ditahan serta dikunci dengan menggunakan lock pin. Tuas yang ada pada press difungsikan sebagai penggerak mesin keatas dan kebawah. Arah aliran fluida kerja ini diatur oleh pompa yang digerakkan secara manual dengan menggunakan Tangan, tenaga pneumatik ataupun listrik.

Cara kerjanya ialah, saat hendak melepaskan bantalan dengan menggunakan Mesin Press. Komponen yang akan di lepaskan dipasang terlebih dahulu di ragum pada alat pressnya. Dan selanjutnya, atur posisi press barnya agar tepat pada bagian poros yang berhubungan dengan bantalan. Putar tuasnya samapi poros tertekan dan bantalannya terlepas dari porosnya. Penggunaan Mesin press ini dapat memberikan keuntungan, diantaranya : penekanan dengan sistem hidrolik ini dapat menempatkan bahan sampai dengan batas penuh serta tenaga yang digunakan lebih ringan. Perawatan pada press hidrolik ini dilakukan dengan membersihkan debu serta kotoran yang ada pada sistem hidrolik serta melakukan pemeriksaan rutin pada fluida kerjanya.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Mengenai Press Hidrolik (Hydraulic Press)"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel