Materi 02 - Pengertian HTML

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Jika memang kalian semua menginginkan untuk mempelajari tentang bagaimana cara dalam membuat sebuah website, maka pada langkah pertamanya ialah dengan mempelajari yang namanya bahasa HTML. HTML ialah dasar dari segala dasar halaman web yang kalian lihat didalam Internet. Namun, apa sih sebetulnya HTML itu? oke, didalam tutorial kali ini kita akan membahas dari mulai Pengertian HTML.

Pengertian HTML
HTML merupakan singkatan dari pada Hypertext Markup Language. Disebut dengan hypertext dikarenakan dalam HTML terdapat sebuah text yang biasa dapat difungsikan secara lain, kalian akan mendapatkannya dan membuatnya menjadi suatu link yang nantinya bisa berpindah dari satu halaman menuju ke halaman yang lainnya akan tetapi dengan meng-klik dari text yang dimaksud. Kemampuan dari text inilah yang disebut dengan hypertext, walaupunpun pada implementasinya nanti tidak hanya berupa text yang bisa dijadikan suatu link.

Disebut dengan Markup Language dikarenakan bahasa dari HTML menggunakan yang namanya sebuah tanda atau mark, untuk dapat menandai bagian-bagian dari pada text. Contohnya, suatu text yang berada di antara tanda dari bagian tertentu maka akan menjadi lebih tebal, serta jika berada di antara suatu tanda yang lainnya maka akan nampak besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.

Jika memang kalian ingin melihat tentang bagaimana sebenarnya bahasa HTML itu, maka silahkan kalian coba klik kanan dari halaman ini, dan lalu pilih View Page Source (di Browser kalian baik itu Mozilla Firefox atau Google Chrome). Maka akan langsung tampil sebuah halaman baru yang merupakan kode dari pada HTML dari halaman ini.
Jika kalian merasa terintimidasi dengan yang namanya sebuah kode-kode ini, ingat kalian juga tidak sendiri, kami pun sama mengalaminya. Akan tetapi, kalian tetap akan mempelajari sebagian daro pada secara besar kode-kode tersebut.

HTML adalah sebuah bahasa pemrograman dasar dari pada pembuatan suatu website. Disebut dengan dasar dikarenakan dalam langkah membuat webnya, hanya menggunakan bahasa HTML tampilan dari website akan terasa hambar jika hanya menggunakan HTML saja. Nah, maka akan ada banyak sekali sebuah bahasa pemrograman web yang akan ditujukan untuk dapat memanipulasi sebuah kode HTML, misalnya saja JavaScript dan PHP. Namun, sebelum kalian masuk dalam pembelajaran dari bahasa JavaScript maupun PHP, maka silahkan kalian untuk dapat memahami HTML terlebih dahulu, hal ini disebabkan hal yang paling awal untuk dipelajari.

HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman (programming language), Namun, bahasa dari markup (markup language), hal ini sedikit terdengar sedikit aneh bukan ?, Namun, jika kalian memang telah mengenal yang namanya bahasa pemrograman lain, didalam HTML tidak akan kalian temukan struktur yang biasa di temukan didalam bahasa pemrograman lainnya, contohnya adalah IF, LOOP, ataupun variabel. HTML hanya merupakan sebuah bahasa struktur yang mana berfungsi untuk dapat menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain dari pada HTML, ada juga yang dikenal yaitu xHTML yang mana merupakan sebuah singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML ini merupakan versi terdahulu dari pada HTML (sebelum dimana saat ini merupakan era dari HTML5). xHTML ini menggunakan aturan dalam penulisan yang lebih ketat. Jika memang kalian menemukan artikel yang membahas xHTML maka, akan bisa disamakan dengan bahasa HTML, karena perbedaannya tidak terlalu jauh atau banyak.

Versi terbaru HTML: HTML5
Saat ini ada versi yang terbaru dari pada HTML yaitu HTML5. HTML5 ini berisikan beberapa fitur yang baru, tapi tetap akan membawa mayoritas fitur dari pada versi HTML yang sebelumnya, yaitu HTML 4 dan xHTML.

0 Response to "Materi 02 - Pengertian HTML"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel