Pembelajaran Lengkap Tentang KLEP/KATUP/VALVE pada 4 Tak

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Fungsi utama dari pada katup yang khususnya terdapat pada kendaraan dengan mesin 4 tak seperti, sebuah pintu untuk dapat memisahkan dua ruang yang mana dimaksudkan adalah ruang bakar dan juga udara luar. Pada proses pemasukan material yang ada pada kendaraan mesin 4 tak itu dapat berlangsung dari intake menuju ke ruang bakar.
Akan tetapi pada kendaraan 2 tak, pada proses pemasukan akan terlebih dahulu memenuhi ruang engkol yang mana sebelumnya sudah masuk ke ruang bakar. Dari udara luar yang masuk ke ruang engkol pun tidak ada katupnya melainkan hanya memanfaatkan dinding piston untuk dapat buka tutup chanel.

Akan tetapi pada kendaraan 4 tak, dinding silinder tersebut sudah tertutup rapat atau tidak adanya chanel intake yang dimiliki layaknya seperti mesin mesin 2 tak. Chanel intake dan exhaust terletak pada kepala silinder yang dipisahkan oleh sebuah katup.

Jika dibahas jauh lebih spesifik lagi maka akan ada dua fungsi dari katup diantaranya ialah.
  • Memasukan material pembakaran (campuran udara + bahan bakar) yang sudah tersedia di intake manifold ke ruang bakar
  • Mangeluarkan gas sisa pembakaran dari ruang bakar menuju exhaust manifold

Akan tetapi, untuk dapat menjalankan dua fungsi tersebut, tidak bisa dilakukan oleh satu katup saja. Sehingga pada kendaraan mesin 4 tak minimal memiliki 2 katup, dimana diantaranya ialah satu untuk katup hisap dan satu lagi untuk katup buang.
Bentuk dari pada katup terlihat seperti pada gambar, terdapat batang katup sebagai penggerak katup dan serta terdapat daun katup yang mana berfungsi sebagai penutup chanel. Akan tetapi, diarea sisi daun katup terdapat sebuah permukaan gesek, yang mana pada area dari permukaan gesek inilah akan dapat menentukan katup bocor atau tidak nantinya.

Jikalau pada permukaan geseknya tidak merata atau menempel ke dudukan katupnya, yang terjadi adalah nantinya akan ada celah udara untuk dapat keluar sehingga bisa dibilang katupnya menjadi bocor.

Nah, makanya ada yang namanya sebuah istilah sekir katup yang mana dimaksudkan sebagai membuat permukaan gesek menjadi benar-benar klop serta menjadi menempel pada dudukannya dari katup agar tidak adanya celah sekecil apapun. Sewaktu posisi dari katup ditukar, walaupun masih dalam satu mesin maka perlu dilakukan yang namanya penyekiran ulang. Hal ini bertujuan untuk kerataan permukaan gesek dari setiap katupnya, walaupun faktanya perbedaanya sangat kecil hal ini nantinya akan mampu membuat bocor kompresi mesin.

Bagian-bagian penting lain pada katup mesin antara lain :
  • Pegas, dipergunakan untuk menahan katup agar tertutup ketika free (tidak tertekan)
  • Retainer, dipergunakan untuk mengunci retainer cap agar retainer cap tidak terlepas dari batang katup
  • Retainer cap, dipergunakan sebagai dudukan atas katup yang menempel pada batang katup.

0 Response to "Pembelajaran Lengkap Tentang KLEP/KATUP/VALVE pada 4 Tak"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel