Penjelasan Lengkap Penggaris Gambar Teknik

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang – Peralatan Gambar yang di perlukan untuk dapat membuat garis ialah Penggaris, yang mana Penggaris ini memang sangat diperlukan dalam membuat Gambar Teknik. Penggunaan penggaris akan mampu membuat sebuah Garis menjadi Lurus. Lalu, apakah kalian semua sudah mengenal penggaris seperti apa saja yang diperlukan dalam membuat sebuah gambar ? Salah satu penggaris yang diperlukan dalam membuat gambar teknik adalah penggaris Segitiga. Ada dua jenis penggaris segitiga, yaitu dengan segitiga sudut 30 Derajat, 60 Derajat dan  penggaris dengan sudut 45 Derajat.

1. Jenis – Jenis Penggaris
Penggaris yang diperlukan dalam gambar teknikbervariasi sesuai dengan kegunaannya. Beberapa penggaris yang diperlukan untuk membuat gambar teknik, ialah penggaris lurus, penggaris segitiga, penggaris T. Akan tetapi, penggaris yang sering digunakan adalah penggaris segitiga. Kami akan menjelaskan kepada kalian masing – masing dari penggarisnya.
  • Penggaris Lurus

Penggaris ini biasa dijumpai oleh kalian. Penggaris ini biasanya digunakan saat hendak akan mengukur panjang suatu benda. Penggaris ini memang jarang dipergunakan dalam gambar teknik, tetapi penggaris ini dapat dipakai sebagai pendamping penggaris segitiga.
  • Penggaris Segitiga

Penggaris segitiga ialah penggaris yang sering dipergunakan dalam gambar teknik. Penggunaan penggaris segitiga yang dapat membentuk sudut siku – siku yaitu 90 Derajat. Akan dapat membuat sebuah garis yang dapat menjadi lurus. Penggaris segitiga terdiri dari sepasang penggaris yaitu, penggaris segitiga dengan sudut 30, 60, dan 90 Derajat, serta penggaris dengan sudut 45, dan 90 Derajat.

Penggaris segitiga pada gambar teknik dipergunakan untuk dapat membuat garis tegak lurus, sejajar dan membuat garis dengan sudut – sudut Istimewa misalnya 30, 45, 60, dan 90 Derajat. Pada sisi siku – siku penggaris segitiga dilengkapi skala ukur dengan satuannya yaitu cm serta Inchi. Penggaris segitiga dapat dipergunakan untuk dapat membuat garis dengan panjang tertentu maupun ukuran panjang tertentu pada benda yang hendak digambar.
  • Penggaris T

Penggaris ini merupakan penggaris dengan Huruf T dengan bagian daun penggaris yang panjang serta bagian kepala yang pendek dan membentuk sudut 90 Derajat. Fungsi utama dari penggaris ini ialah dapat membuat garis sejajar. Penggaris ini juga dapat digunakan untuk menarik garis – garis horizontal dengan menekankan bagian kepalanya pada tepi meja kiri gambar serta menggesernya keatas ataupun kebawah. Jika memang menginginkan untuk dapat sejajar, maka kepala garis T harus terikat secara benar.

2. Penggunaan Penggaris Segitiga
Penggaris yang sering digunakan pada gambar teknik ialah penggaris ini yaitu penggaris segitiga sepasang. Penggaris ini bisa digunakan untuk membuat garis sejajar, serta bisa membentuk sudut – sudut istimewa.
  • Membuat Garis Vertikal Sejajar

Penggaris segitiga ini dapat digunakan untuk membuat sebuah garis vertical yang sejajar. Berikut ini penjelasan mengenai langkah – langkah saat membuat sebuah garis vertical sejajar dengan penggaris segitiga.
    • Meletakkan dan merapatkan kedua sisi penggarisnya sehingga membuat sudut 90 Derajat. Penggaris pertama digunakan untuk dapat sebagai landasan dan skala ukur jarak antara satu garis vertical dengan garis lainnya. Sedangkan, penggaris kedua digunakan untuk membuat garis secara vertical.
    • Memastikan kedua penggaris dalam posisi rapat serta tidak bergeser.
    • Membuat garis Vertikal dengan menarik garis pada kedia garis yang dimaksudkan.
    • Lalu, silahkan geser penggaris kekiri ataupun kanan untuk dapat membuat garis – garis vertical yang sejajar dengan garis sebelumnyadan perhatikan jarak yang sama. Dan jangan sampai penggarisnya bergeser.
  • Membuat garis Horizontal Sejajar

Dalam membuat sebuah garis sejajar mendatar dapat dilakukan dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga. Berikut ini tahapan yang digunakan dalam membuat garis sejajar mendatar.
    • Memposisikan dua pasang penggaris segitiga dengan membuat sudut 90 Derajat. 
    • memastikan kedua penggaris dalam posisi rapat dan tidak mudah bergeser.
    • Membuat garis Horizontal dengan menarik garis pada penggaris keduanya.
    • Lalu, menggeser penggaris keatas atau kebawah untuk dapat membuat garis – garis horizontal yang sejajar dengan garis yang sebelumnya dengan menggunakan jarak yang sama sebelumnya. Dan pastikan jangan sampai penggarisnya bergeser.
  • Membuat Garis Miring Sejajar

Dalam membuat garis miring sejajar dengan menggunakan sepasang penggaris sejajar dengan menggunakan sepasang penggaris segitiga biasanya dipergunakan untuk dapat membuat sebuah garis arsir. Garis miring ini dapat membuat sudut 30, 45, dan 60 Derajat. Langkah dalam proses pembuatan garis miring ini dengan menggunakan ketiga sudut penggarisnya. Berikut ini akan kami sampaikan kepada kalian semua tentang bagaimana langkah – langkahnya dalam membuat garis miring ini.
    • Posisikan serta rapatkan sisi penggarisnya dengan kedua penggaris pertama. Penggaris pertama digunakan sebagai sebuah landasan serta skala ukur jarak antara satu garis horizontal dengan garis yang lainnya. Dan, penggaris yang satunya atau kedua ini dibuat dengan membentuk sudut. Misalnya ialah 45 Derajat.
    • Pastikan kedua penggaris ini dalam posisi yang rapat dan tidak mudah bergeser.
    • Dalam membuat garis miring dengan menarik garis dari penggaris dengan sudut 45 Derajat.
    • Lalu, menggeser penggaris penggaris kekiri atau kekanan untuk dapat membuat garis yang sejajar dengan garis sebelumnya dengan menggunakan jarak yang sama. Usahakan posisi penggaris tidak bergeser dengan menekannya sewaktu digunakan.
  • Membuat Garis Tegak Lurus

Penggaris segitiga dapat juga dipergunakan untuk dapat membuat garis Tegak Lurus. Berikut ini akan kami berikan caranya untuk dapat membuat garis tegak lurus dengan penggaris segitiga, antara lain ialah
    • Dengan meletakkan penggaris 45 Derajat secara mendatar dengan menggunakan posisi seperti pada gambar.
    • Selanjutnya adalah, dengan meletakkan penggaris segitiga dengan sudut 30, 60 Derajat secara rapat pada bawah penggaris 45 Derajat. Usahakan dengan posisi penggaris tidak bergeser dengan menekannya saat dipergunakan.
    • membuat garis sejajar dengan sumbu x dengan menggeser penggaris 45 Derajat, ke atas atau ke bawah sesuai dengan keperluan. Sewaktu membuat sebuah garis lurus maka kedua penggaris dapat ditekan. Dan perhatikan saat menekan maka diusahakan dudukan kedua penggaris ini tetap rapat agar garis yang dihasilkan sejajar.
    • Dalam memutarkan penggaris 45 Derajat menjadi posisi ke dua untuk dapat membuat garis yang sejajar dengan sumbu y atau garis yang tegak lurus dengan sumbu x.
  • Membuat Sudut

Penggaris segitiga juga bisa digunakan untuk dapat membuat sebuah sudut tanpa perlu menggunakan busur derajat. Cara dalam proses pembuatan sudut ini dengan menggunakan penggaris segitiga hamper sama dengan membuat garis miring sejajar dengan sudut tertentu. Akan tetapi, sudut ini dibuat dengan menggunakan penggaris segitiga terbatas pada sudut istimewa dan kelipatannya yaitu, 30, 45, 60, 90 120, 135, 150 Derajat dan lain sebagainya.
    • Dalam membuat sudut 30 atau 150 Derajat ini, yaitu dengan cara memposisikan salah satu sisi penggaris segitiga 45 Derajat ini mendatar. Lalu, membuat garis mendatar. Memposisikan penggaris segitiga dengan menggunakan sudut 30 dan 60 Derajat. 
    • Membuat sudut 45 atau 135 Derajat, yaitu dengan cara memposisikan salah satu dari pada sisi penggaris segitiga sudut 30 dan 60 Derajat. Lalu, Buat Garis mendatar pada posisi penggaris yang dimaksudkan.Selanjutnya, dengan Memposisikan penggaris segitiga 45 Derajat Hingga membentuk sudutnya 45 Derajat terhadap penggaris awal.
    • Dalam membuat sudut 60 atau 120 Derajat, dengan menggunakan Metode salah satu sisi dari penggaris segitiga 45 Derajat mendatar. Lalu, Membuat garis mendatar. Memposisikan Penggaris segitiga dengan sudut 30 dan 60 Derajat membentuk sudut 60 Derajat terhadap sisi mendatar. Menarik Garis dengan sisi miring penggaris tersebut.
    • Membuat sudut 90 Derajat, dengan menggunakan cara posisikan sepasang penggaris segitiga. Lalu, membuat garis melalui kedua sisi penggaris yang sudah membentuk sudut 90 Derajat.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Penggaris Gambar Teknik"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel