Penjelasan Lengkap Dasar Rangkaian Listrik

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Rangkaian listrik ialah rangkaian komponen - komponen listrik yang dirangkai dengan sumber tegangan sehingga menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi masing - masing. Rangkaian listrik ini memiliki peran yang mana sebagai penyedia jalan untuk arus listrik agar bisa mengalir dan beroperasi dengan baik.
Rangkaian kelistrikan ini harus berupa rangkaian listrik yang tertutup dan didalamnyadialirkan arus listrik yang asalnya dari sumber tegangan. Jika, dalam rangkaian ini tidak adanya beda potensial, maka rangkaian ini tidak bisa bekerja. Rangkaian kelistrikan, arus listrik mengalir melalui komponen-komponen kelistrikan dan kembali lagi ke sumber tegangan. Aliran listrik ini minimal memiliki satu lintasan atau rangkaian tertutup. Yaitu, suatu lintasan yang dimulai dari titik awal dan akan kembali lagi ke titik itu, tanpa terputus dan tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang di tempuh.

Jika tidak adanya rangkaian atau rangkaiannya terputus, arus listrik tidak bisa dialirkan. Maksudnya ialah setelah arus listrik mengalir dari terminal positif sumber tegangan yang sama melalui komponen sistem kelistrikan, maka arus listrik tersebut harus kembali lagi ke sumber tegangan yang sama melalui terminal negatif. Pada kendaraan Sepeda Motor atau Mobil, sumber tegangan yang dimaksudkan ialah Baterai. Sama seperti rangkaian kelistrikan lainnya, pada kendaraan bermotor juga ada dua penghantar yang memiliki muatan positif dan negatif. Muatan positif berasal dari terminal positif baterai dan dialirkan melalui penghantar berupa kabel berinsulator. Muatan negatif berasal dari terminal negatif baterai yang dialirkan melalui penghantar berupa sasis atau rangkanya.

Penggunaan Sasis ini atau rangka sebagai penghantar muatan negatif menjadi pembeda rangkaian kelistrikan pada kendaraan bermotor dengan rangkaian kelistrikan yang lain. Hal ini dilakukandengan maksud untuk menghemat penggunaan kabel dan memudahkan instalasi sistem kelistrikan kendaraan bermotor.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Dasar Rangkaian Listrik"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel