Penjelasan Lengkap Kunci Ring, Pas dan Kombinasi

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Assalamualaikum, Sahabat Hiroes. Pada kesempatan kali ini kami akan kembali mengulas informasi keterkaitan dengan Peralatan tangan yang kemarin kami bahas untuk kalian semua. 
Nah apa saja di dalamnya ? Silahkan kalian Bisa cek di website kami atau pada artikel sebelumnya. Diartikel kali ini kami akan membahas Khususnya Tentang Kunci yang terdapat dibengkel Otomotif. 
Apa saja kah itu ? dan Untuk apa sebenarnya Kunci tersebut digunakan ?

1. Kunci 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau kunci ini digunakan untuk membuka dan mengencangkan baut atau mur dengan berbagai macam Ulir. Baik Ulir yang Kanan ataupun Ulir yang Kiri.
  • Kunci Ring
Merupakan kunci yang dipergunakan untuk dapat membuka ataupun melepaskan baut dengan bentuk Segienam. Kunci ini mempunyai enam titik persingungan sehingga dapat dipergunakan pada ruang yang terbatas. 

Kunci ring memiliki bagian yang disebut dengan dinding yang tipis, sehingga dapat dipergunakan sewaktu posisi baut yang tidak dijangkau dengan kunci pas. Kunci Ring ini terbuat dari Baja dengan kekuatan tarik  yang cukup tinggi yaitu dengan panduan logam Chrome vanadium. Keuntungan Memiliki peralatan Tangan Khususnya kunci Ring ini ialah Kunci Ring ini Lebih Kuat dan Juga Lebih Ringan dari pada Kunci Pas dan dapat mencengkram pada seluruh bagian dari kepala baut yang hendak akan di buka. Jika dibandingkan dengan Kunci Pas, Kunci ini pada umumnya akan jauh lebih panjang jika kalian sandingkan dengan Kunci Pas, maka yang terjadi adalah mampu memberikan gaya tuas yang jauh lebih besar.

Kunci Ring memiliki ukuran dalam satuan metrik dengan berbagai kombinasi misalnya 6-7, 10-11, 12-13, 14-15, 16-17, 18-19, 20-22, dan juga 24-27. Kunci ini disarankan untuk dipergunakan terdahulu saat kalian hendak akan mengendorkan baut. Hal ini dikarenakan kunci ini memiliki persinggungan 6 titik pada bagian kepala baut atau mur, kalau dibandingkan dengan Kunci Pas maka jauh kalau kunci pas hanya memiliki 2 titik persinggungan saja.
  • Kunci Pas
Kunci ini dipergunakan sebagai pengencang ataupun melepaskan baut serta mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau lebih mudahnya kepala baut dan mur sebelumnya telah di buka dengan menggunakan Kunci Ring. 

Kunci Pas ini terbuat dari logam dengan panduan yang sama yaitu chrome vanadium dengan kekuatan tarik juga yang tinggi. Ukuran dari kunci ini dengan menggunakan baik inch ataupun metrik atau mm. dengan kalian membuka baut dan mur dengan menggunakan Kunci Pas artinya kalian sudah memperlihatkan ukuran baut tersebut.

Beberapa hal yang wajib kalian ketahui dalam penggunaan kunci ini, diantaranya ialah : Baut yang masih kencang tidak boleh di buka dengan Kunci Pas. Kunci ini hanya dipergunakan pada bagian dari baut yang sudah kendor. Jika memang kalian menggunakan Kunci Pas ini saat akan membuka Baut ataupun Mur yang masih keras maka yang terjadi ialah akan patah pada bagian dari ujung Kunci ini dan juga akan membuat Baut menjadi Bulat. Pastikan menggunakan Kunci Pas sesuai dengan Ukuran Baut ataupun Murnya. Dan hal penting lainnya ialah saat menggunakan pastikan Posisinya sudah Rata dengan maksud agar tidak merusak baut ataupun Kunci nya.
  • Kunci Kombinasi
Kalau kalian sudah mengenal Kunci Pas dan juga Kunci Ring, maka Kunci yang satu ini merupakan kunci Gabungan antara Kedua kunci tersebut. Kunci ini jauh lebih efisien dikarenakan hanya dengan 1 jenis saja maka sudah ada Kunci Pas dan juga Kunci Ring tentunya dengan Ukuran yang Sama. Kunci ini dipergunakan untuk dapat mengendorkan dan mengencangkan baut serta mur dengan ukuran yang sama tapi posisi yang berbeda.
  • Kunci Soket 
ialah kunci yang sering dipergunakan untuk dapat membuka ataupun mengencangkan baut yang mempunyai momen pengencangkan lebih besar dari kunci ring ataupun pas. Kunci ini terdiri atas dua ujung yang mana pada tiap - tiap ujung memiliki dudukan yang berbentuk segiempat yang langsung berhubungan dengan tangkai atau pemegang kunci dan bagianujung lainnya memiliki bentuk heksagonal atau segienam yang berhubungan langsung dengan baut yang akan dilepaskan. Kunci soket ini biasanya disimpan bersamaan dengan kelengkapannya. Bagian bagian yang terdapat pada kunci soket diantaranya ialah.
    • Mata Soket
      • Mata soket merupakan bagian dari pada kunci soket yang nantinya dapat diganti ukurannya. Ukuran dari mata soket ini dapat disesuaikan dengan baut ataupun mur yang hendak akan dibuka. Mata soket ini terdiri atas soket segi dua belas atau double heksagonal, segi delapan, dan juga segi enam. Mata soket yang memiliki ukuran panjang serta pendek. Mata soket mempunyai ukuran 10-33 mm atau 7/16W-1/4W dan 3/16W-3/4W.
    • Tuas pemegang atau Handle
      • Yang mana memiliki fungsi untuk pemegang mata soket. Terdapat beberapa jenis tuas pemegang diantaranya ialah. tuas dengan bentuk T yang dapat digeser atau disebut dengan sliding handle, bentuk seperti bor atau speed handle, tuas pemegang fleksibel, serta ratchet. 
        • Sliding Handle ialah salah satu pemegang mata soket yang mana ini dapat bergeser posisinya sepanjang batang tuas tersebut. Sliding handle ini dapat digunakan untuk dapat mengendorkan atau mengencangkat baut atau mur yang memiliki spesifikasi momen yang cukup tinggi sehingga saat penggunaannya dengan menggunakan 2 tangan.
    • Speed Handle
      • Ialah seperti bor tangan serta dipergunakan 

0 Response to "Penjelasan Lengkap Kunci Ring, Pas dan Kombinasi"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel