Penjelasan Lengkap Tentang Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Alat pelindung diri ialah kelengkapan wajib yang memang diharuskan digunakan saat hendak akan bekerja.
Jenis Alat Pelindung Diri
Didalam peraturan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.08/Men/VII/2010 tentang Perlindungan diri ialah sebuah alat yang memiliki kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. Ada beberapa alat pelindung diri yang digunakan saat hendak akan bekerja, diantaranya yaitu.

a. Pelindung Kepala (Safety Helmet).
Alat pelindung kepala ialah alat pelindung yang berfungsi untuk dapat melindungi kepaladari benturan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda yang keras yang melayang atau meluncur diudara, terpapar oleh radiasi panas, api, percikan bahan-bahan kimia, jasad renik dan juga suhu ekstreme. Alat pelindung kepala ialah helm pelindung. Berikut ini ada beberapa jenis helm yang dipergunakan saat hendak bekerja.
  • Kelas A, helm yang digunakan untuk keperluan Umum.
  • Kelas B, Helm yang digunakan untuk lingkungan kerja listrik.
  • Kelas C, Helm yang dipergunakan untuk melundungi dari panas.
  • Kelas D, Helm yang memiliki daya tahan kecil terhadap api.
b. Pelindung Mata
Alat pelindung mata ialah alat pelindung yang digunakan untuk dapat melindungi mata dari paparan bahan kimia yang berbahaya, paparan partikel yang melayang di udara, dan di air, percikan benda kecil, panas dan uap panas, radiasi gelombang elektromagnet yang mengion ataupun tidak mengion, pancaran cahaya benturan atau pukulan benda keras atau tajam. Alat yang digunakan ialah Kacamata (Safety Glasses), dan Kacamata Las untuk merreka yang bekerja sebagai Welder.

c. Pelindung Telinga
Alat pelindung telinga ialah alat yang digunakan utnuk melindungi pendengaran terhadap kebisingan atau tekanan. Alat pelindung telinga difungsikan saat hendak akan bekerja ditempat yang bising atau dengan suara yang tinggi. Alat pelindung telinga terdpaat 2 macam, yaitu. yang menutup seccara keseluruhan (ear muff) dan yang dimasukkan kedalam lubang telinga (ear plug).

d. Pelindung Tangan
Atau lebih dikenal dengan nama Sarung Tangan ialah pelindung yang difungsikan sebagai pelindung terhadap tangan dan jari - jarinya. dari bahaya seperti Api, Suhu, Panas, Suhu, Dingin, Radiasi, Elektromagnet, Radiasi mengion, Arus Listrik, Bahan Kimia, Benturan, Tergores atau Pukulan, dll. Sarung Tangan juga terbuat dari berbagai macam bahan diantaranya disesuaikan dengan kegunaannya.
  • Sarung Tangan Kain, digunakan untuk menguatkan pegangan agar tidak mudah terpeleset.
  • Sarung Tangan Asbes, digunakan untuk melindungi tangan dari panas.
  • Sarung Tangan Kulit, digunakan untuk melindungi tangan dari benda - benda tajam, percikan dan benda yang kasar permukaannya.
  • Sarung Tangan Karet, digunakan untuk mengerjakan pekerjaan pelapisan logam dan di bahan - bahan kimia.
e. Pelindung Kaki
ALat ini digunakan untuk melindungi kaki dari bahaya seperti tertimpa atau benturan dengan benda yang lainnya misalnya, tertusuk, tertimpa benda, terkena cairan, dll. Pelindung kaki yang dipergunakan ialah Sepatu karena akan mampu memberikan perlindungan yang maksimal. terdapat 2 Jenis sepatu yaitu, Sepatu Safety dan Sepatu Karet.

f. Pelindung Badan
Alat yang digunakan untuk melindungi keseluruhan badan atau adapun sebagaian badan dari bahayanya temperature suhu baik panas ataupun dingin, percikan bahan - bahan material seperti Logam, Kimia, Logam Panas, Cairan, dll.Pelindung badan ini dibuat dari bahan - bahan tertentu yang mampu menahan panas, misalnya Kulit. Jenis pakaian pelindung terdiri atas Vest (Rompi), Apron (Celemek), Jacket (Jaket), Wearpack (Pakaian Kerja).

g. Pelindung pernapasan
Alat pelindung pernapasan beserta perlengkapannya ialah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi organ penapasan dengan cara menyalurkan udarra bersih, menyaring pencemaran bahan kimia, mikroorganismee, partikel seperti debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas, dan lain - lain.

h. Pelindung Muka
Alat pelindung muka adalah alat pelindung yang difungsikan untuk dapat melindungi muka dari paparan bahan kimia yang berbahaya, percikan benda kecil,panas radiasi, pancaran cahaya dll. Pelindung ini juga digunakan untuk melindungi semua bagian muka, termasuk dengan mata. Pelindung muka ini memiliki kaca yang dapat dipergunakan untuk dapat melihat benda yang sedang dikerjakan. Jika sudah menggunakan pelindung Muka maka tidak perlu menggunakan pelindung Mata.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel