Penjelasan Singkat Tentang Rangkaian Seri Pararel atau Gabungan

Tenang Link yang kami berikan pasti aman dari Virus, Malware, Pencurian Data, Dll.

HiroApriIto, Karawang - Dan ini adalah materi terakhir yaitu tentang Rangkaian Listik Pararel atau dikenal dengan sebutan Gabungan. Kombinasi dai kedua angkaian ini dilakukan untuk mendapatkan sifat - sifat dari kedua angkaian.

Rangkaian Sei-Pararel ini sebetulnya tidaklah jauh dari rangkaian yang sebelumnya sudah dijelaskan. Untuk dapat melakukan perhitungan pada jens rangkaian ini, yang harus dipelajari adalah langkah pertama menguraikan rangkaian sehingga menjadi lebih sederhana/ Lalu, rangkaian disederhanakan dengan memperhatikan kaidah - kaidah yang berlaku dalam memudahkan perhitugan.

Pada Gambar tersebut merupakan salah satu dari contoh rangkaian seri pararel yang terdiri dari 4 buah hambatan, yaitu R1, R2, R3, R4. R1 dan juga R2 dirangkai secara Seri sedangkan R3 dan R4 di rangkai secara pararel. Lalu kedua rangkaian ini di rangkai secara Seri.

Lalu, untuk menghitung cara nya seperti apa ? Langkah awalnya ialah dihitung nilai hambatan yang dirangkai secara seri, yaitu R1 dan R2 lalu dihitung juga hambatannya R3 dan R4 yang sudah dirangkai secara pararel. Setelah keduanya dihitung baik R1, R2, R3 dan R4. maka tinggal menjumlahkan keduanya karena kedua rangkaian ini di rangkai secara seri maka akan didapatkanlah hambatan pengganti pada rangkaian kombinasi ini.

Contoh Soal :
Pada gambar diatas telah di ketahui Etotal = 12 V, R1 = 2 OHM, R2 = 8 OHM, R3 = 4 OHM, R4 = 4 OHM . Untuk dapat menghitung besarnya arus listrik yang mengalir pada rangaian tersebut, maka harus dihitung terlebih dahulu hambatan toal dalam rangkaian. R3 dan R4 ditotalkan karena keduanya dirangkai secara seri dan didapatkan 8 OHM, karena tinggal di jumlahkan saja R3 + R4.

Maka besar Hambatan Penggantinya ialah.
Selanjutnya ialah hasil perhitungan ini kemudian dijumlahkan dengan R1 karena keduanya dirangkai secara seri dan didapatkan hambatan total didalam rangkaian sebesar 6 OHM, karena 2 OHM + 4 OHM lalu tinggal menghitung jumlah arus listrik yang mengalir dengan rumus OHM berikut ini.

0 Response to "Penjelasan Singkat Tentang Rangkaian Seri Pararel atau Gabungan"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel