Jenis - Jenis Bahan Logam dan Nonlogam

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang -  Pasti kami yakin diantara kalian semua sudah ada yang pernah berkunjung ke tempat wisata khususnya Gunung Tangkuban Perahu. Digunung Tangkuban Perahu ini mengandung yang namnya Belerang. Belerang ini merupakan salah satu dari jenis bahan nonlogam.
1. Pengertian Logam dan Nonlogam
Logam merupakan elemen yang terdapat dikerak bumi. Logam memiliki jumlah 4% dari kerak bumi. Unsur - unsur logam ialah aluminium, barium, besi, emas, kalium, kromium, magnesium, mangan, natrium, dan nikel.

Nonlogam yaitu kelompok unsur kimia yang bersifat elektronegatif yaitu lebih mudah untuk menarik elektron valensi dari atom yang lain serta akan melepaskannya. Unsur - Unsur nonlogam diantaranya, Belerang, Bromium, Fluorin, Fosforusa, Helium, Hidrogen, Karbon, Klorin, Neon, Nitrogen, Oksigen, Silikon dll.

2. Sifat Logam dan Nonlogam
a. Sifat Logam
Sifat logam ini terdiri atas 3 macam yaitu.

  • Sifat Kimia Logam
    • Sifat kimia logam ini yaitu sifat logam jika terkena larutan kimia dan teroksidasi. Reaksi kimia yang sering dialami logam ialah korosi atau karat. Korosi ialah proses penghancuran logam oleh alam, misalnya ialah diakrenakan kelembapan, garam, dan juga asam. Cara pencegahannya ialah pencegahan korosi ialah logam dan nonlogam. Kalau secara Logam, maka dilakukan pengecatan yang dilapisi dengan menggunakan bahan sintetis. Dan juga pencegahan secara logam yaitu logam disepuh atau dilapisi dengan logam lainnya yang tahan terhadap korosi.
  • Sifat Fisik Logam
    • Yaitu sifat logam saat terkena pengaruh fisika. Sifat logam anatara lain sebagai pengahantar panas, penghantar listrik, dan juga titik lebur tinggi.
  • Sifat Mekanik Logam
    • Yaitu kemampuan logam untuk dapat menahan beban atau gaya tanpa perlu adanya perusakan terhadap logam tersebut. Sifat Mekaniknya yaitu Kekuatan, Kekerasan, Plastisitas, Kekakuan, Ketangguhan dan Kekenyalan.
b. Sifat Nonlogam
Sifat Nonlogam meliputi.
  • Sifat Kimia Nonlogam
    • AKan bereaksi dengan logam sehingga akan membentuk garam. Dan jika diteliti dari konfigurasi elektronnya, unsur - unsur nonlogam akan cenderung menangkap elektron. Dikarenakan memiliki energi ionisasi yang besar untuk membentuk anion. Secara umum unsur nonlogam ini memiliki titik leleh dan didih yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan unsur logam. Nonlogam memiliki 4 sampai 8 elektron dalam kulit terluar dari atom-atomnya. Kebanyakan nonlogam oksidasi yang larut dalam air akan segera bereaksi membentuk asam.
  • Sifat Mekanik Logam
    • Yaitu tidak mudah pecah dan juga rapuh.
3. Jenis Logam dan Nonlogam
Dapat dibedakan menjadi 2 yaitu logam besi (ferro) dan juga bukan besi (nonferro), Logam bukan besi yaitu logam yang tidak mengandung besi. Dengan katalain, besi dalm bentuk besi yang murni sifatnya terlalu lunak dan rapuh. Besi Murni dicampur dengan berbagai unsur misalnya saja Karbon (C), Silikon (Si), Mangan (Mn), dan fosfor (P). Logam besi terdiri atas besi cor putih, besi cor mampu tempa, dan besi cor nodular. Dan kalau Baja terdiri atas baja Karbon, Baja Panduan. Logam bukan besi terdiri atas logam berat, Logam Ringan, dan Logam Mulia.
Untuk jenis nonlogam ialah Keramik dan Plastik. Kramik ialah silikon oksida, aluminium oksida, kalsium oksida, magnesium oksida, kalium oksida, dan natrium oksida.

0 Response to "Jenis - Jenis Bahan Logam dan Nonlogam"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel