Penjelasan Lengkap Peralatan Tangan

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Dalam melaksanakan pekerjaan di bengkel otomotif, tentunya kalian membutuhkan peralatan yang diperlukan dalam penggunaannya tujuannya ialah agar membantu atau mempermudah pekerjaan kalian.
Peralatan yang ada dibengkel dibedakan berdasarkan pada tenaga saat melakukan pengoperasiannya, atau dalam penggunaannya, diantaranya ialah : Peralatan Tangan, Peralatan Hidrolik Pneumatik, ataupun peralatan Listrik.

Pada kesempatan kali ini kalian akan mempelajari Peralatan Tangan yang terdapat di bengkel otomotif. 

Peralatan Tangan Merupakan peralatan yang dipergunakan atau difungsikan oleh mereka para Mekanik didalam melaksanakan Tugas atau pekerjaan mereka diantanya ialah : Membuka, Mengencangkan, Melepaskan ataupun Merakit. Peralatan tangan ini dioperasikan dengan menggunakan Tangan Manusia dan tidak menggunakan Tenaga Mesin. 

Ciri - Ciri Khusus Peralatan tangan ialah : Terlihat dari Bentuknya yang Sederhana, Ringan, Mudah dibawa, dioperasikan secara manual, Penggunaannya Relatif mudah. Berikut ini kami akan memaparkan kepada kalian semua Peralatan Tangan apa saja yang ada di Bengkel Otomotif.

1. Kunci 
Kunci merupakan peralatan yang dipergunakan untuk dapat membuka baut dan juga mengencangkan Baut terhadap sambungan Ulir yang ada pada Kendaraan. Terdapat dua jenis pengencangan mur dan juga baut, diantaranya ialah : Pengencangan mur dan Baut yang searah dengan Jarum Jam Jika Ulirnya di Kanan, Serta jika Ulirnya Mur itu berada di Kiri maka mengencangkan kearah Kiri yaitu berlawanan dengan arah jarum jam. 

Beberapa Kunci yang ada Dibengkel, diantaranya ialah :
a. Kunci Ring
b. Kunci Pas
c. Kunci Kombinasi
d. Kunci Soket
    d.a. Mata Soket
    d.b. Tuas Pemegang (Handle)
    d.c. Extention
    d.e. Universal Joint
e. Kunci Busi
f. Kunci L
g. Kunci Roda
h. Kunci Inggris
i. Kunci Momen

2. Obeng
Merupakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut yang kepalanya berlubang pipih atau sekrup pada bidang tertentu. Obeng ada banyak Macamnya diantaranya ialah : Obeng Min, Obeng Plus dan Obeng Ketok. 

a. Obeng Min
Digunakan untuk melepas atau mengencangkan sekrup yang kepalanya berbentuk pipih.

b. Obeng Plus
Digunakan untuk dapat melepas atau mengencangkan sekrup yang kepalanya Berbentuk seperti Kembang atau Bintang.

c. Obeng Ketok
Dipergunakan untuk dapat melepas atau mengencangkan baut atau sekrup dengan Momen pengencangkan yang tinggi.

3. Tang
Difungsikan untuk memegang benda kerja, tang juga dapat digunakan untuk melepas dan mengencangkan sambungan serta memotong kabel. Secara umum kalian akan mengenal berbagai Macam Tang. Diantaranya ialah : Tang Kombinasi, Tang Potong, Tang Lancip (cucut), Tang Jepit Buaya, Tang Snapring, Tang Pemegang, Tang Kabel, Tang Rivet, dan Tang Slip Joint.

a. Tang Kombinasi
Merupakan tang yang dipergunakan untuk Memegang, Memuntir, dan Memotong benda Kerja.

b. Tang Potong
Merupakan tang yang dipergunakan khusu untuk memotong Kabel. Dibagian Tang Potong terdapat Pisau yang digunakan untuk dapat memotong kawat atau kabel.

c. Tang Kabel
Merupakan tang yang dipergunakan untuk dapat memotong dan mengupas kabel. Bagian rahangnya pada tang kabel difungsikan sebagai penjepit kabel, rahang yang tajam sebagai pemotong kabel, dan gagang yang bergerigi untuk dapat mengupas kabel.

d. Tang Snapring 
Difungsikan untuk dapat memasang dan melepaskan ring atau circlip. Dalam Snapring terdapat dua macam diantaranya ialah : Snapring Luar dan Snapring Dalam.

4. Palu
Merupakan alat yang dipergunakan untuk memukul benda kerja. Palu juga dipergunakan untuk memukul obeng Ketok saat akan membuka baut atau skrup.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Peralatan Tangan "

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel