Penjelasan Lengkap Komponen-Komponen Sistem Penerangan

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Komponen listrik yang digunakan untuk dapat menyinari jalan saat siag hari ataupun malam hari. Berikut ini merupakan komponen - komponen penyusun sistem penerangan sepeda motor.
Lampu Kepala ( Headlight/Head Lamp )
Lampu kepala terletak pada bagian depan sepeda motor yang memiliki fungsi sebagai penerangan jalan. Lampu kepala digunakan sebagai penanda posisi saat hendak di jalan, baik itu siang ataupun malam hari. Lampu kepala ada yang dipasangkan di bagian stang dan ada juga yang dipasangkan pada bagian cover motor. Lampu kepala yang dipasang di stang memiliki kelebihan, yaitu sinarnya dapat mengikuti arah kemudi terutama saat membelok. Lampu kepala terdiri atas dua lampu, yaitu lampu dekat dan juga lampu jauh. Lampu dekat dipergunakan sebagai penerang jalan saat malam hari serta sebagai penanda di siang hari. Lampu jauh biasanya digunakan sebagai penambah jarak pancaran sinar lampu atau sebagai tanda pengganti klakson, contohnya saat akan membalap kendaraan lain.
Jarak sinar lampu kepala dapat berbeda karena lampu kepala menggunakan bohlam yang terdiri atas dua filamen. Dan juga, dengan adanya perbedaan konstruksi reflektor lampu juga mampu membuat adanya perbedaan jarak sinar lampu jauh ataupun dekat. Reflektor merupakan cermin cekung dengan bentuk parabola. Fungsi utama dari reflektor untuk dapat memantulkan sinar lampu dan menghasilkan cahaya yang fokus sehingga dapat menerangi jalan dengan baik. Permukaan reflektor dilapisi dengan menggunakan lapisan khusus, biasanya dilapisi dengan krom. agar mampu untuk memantulkan semua sinar yang sudah dihasilkan.
Setiap reflektor memiliki titik fokus yang akan menentukan jarak sinar lampu dan jatuhnya sinar lampu tersebut di permukaan jalan. Titik fokus ini akan mampu untuk memantulkan sinar lampu sejajar sumbu utama reflektor. 

Baterai
Hanya untuk digunakan sebagai sistem penerangan yang menggunakan tegangan DC. Baterai sebagai sumber tegangan arus listrik utama untuk menyalakan lampu kepala. Lampu kepala yang menggunakan tegangan DC nyala lampu selalu stabil hal ini disebabkan langsung mengambil arus listriknya dari baterai.

Generator
Sebagai pembangkit tenaga listrik yang akan disimpan ke bagian baterai atau bisa langsung dipergunakan oleh komponen kelistrikan kendaraan. Lampu kepala yang menggunakan teganagan AC langsung mengambil arus listrik yang dihasilkan oleh generator. Ciri utamanya ialah, Nyala lampu utama atau kepala mengikuti kecepatan putaran mesin. Saat mesin tersebut menyala saat putaran pelan maka lempu akan cenderung redup, namun kebalikannya jjika saat putaran tinggi maka akan semakin terang nyala lampunya.

Kunci Kontak
Saklar lampu kepala berfungsi untuk dapat memutuskan dan mengalirkan arus listrik dari sumber arus listrik saklar lampu jauh ataupun dekat. Saklar ini masih dapat ditemui pada kendaraan yang belum menerapkan sistem AHO ( Automatic Headlight ON ). Di Sepeda motor baru di pasarkan khususnya semenjak adanya Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan Raya.

Saklar Jauh atau Dekat
Digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke filamen lampu dekat ataupun lampu jauh. Saklar ini digunakan untuk mampu memilih lampu dekat (low beam) atau jauh (high beam), Sehingga keduanya tidak akan menyala secara bersamaan. Saklar ini biasanya ada di Sebelah Kiri.

Saklar Dim
Saklar ini hanya ada dikendaraan Sport. Fungsinya yaitu untuk menyalakan lampu jauh saat (pass beam) tanpa harus mengaktifkan saklar lampu kepala. Biasanya digunakan untuk pemberi tanda atau signal pada kendaraan depannya atau untuk mendahului kendaraan lainnya.

Indikator Lampu Jauh
Berupa lampu kecil yang biasanya terpasang di bagian Spidometer yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengendara kalau lampu jauh sedang dalam keadaaan menyala. Biasanya diberi warna lampu biru.

Bohlam Lampu Besar
Merupakan sumber utama dari cahaya lampu kepala yang kerjanya dengan cara merubah arus listrik menjadi tenaga panas. Tenaga panas membuat filamen yang memijar sehingga dihasilkan cahaya. Cahaya ini cenderung kekuningan karena nyala filamen yang memijar kekuningan. Akhir - akhir ini bohlam sudah mulai ditinggalkan digantikan dengan LED (Light Emitting Dioda) yang jauh lebih hemat daya dan lebih terang.

Lampu Kota atau Senja
Masuk kedalam sistem penerangan dikarenakan saat sakelar lampu kepala ini dinyalakan, lampu kota juga akan ikut menyala. Dulu lampu kota sering digunakan sebagai penanda saat sore hari yang belum gelap atau dipergunakan sebagai penanda posisi kendaraan di jalan raya. Nyala lampu kota lebih redup jika di bandingkan dengan lampu kepala karena dayanya lebih kecil. Lampu kota biasanya dipasangkan di dekat lampu kepala dan warna cahayanya sama dengan lampu kepala.

Lampu Belakang 
Fungsinya sebagai kode atau sinyal terhadap pengguna untuk memberikan kode kalau kendaraan sedang dalam melambat, Lampu Belakang ini bisanya berwarna merah dan menjadi satu dengan lampu rem. Lampu belakang lebih redup jika dibandingkan dengan lampu rem sehingga walaupun warnanya sama namun bisa di bedakan antara keduanya.

Lampu Pelat Nomor
Kendaraan sekarang sudah mulai banyak menggunakan. Desain sepeda motor baru membuat posisi dari plat nomor ini dan lampu belakang semakin jauh sehingga cahaya lampu belakang tak dapat menyinari plat nomor dengan baik. Lampu plat ini difungsikan untuk menerangi plat nomor agar terlihat saat malam hari tiba. Lampu ini dirankai secara paralel dengan lampu kepala, Lampu Kota atau senja. dan panel instrumen spidometer sehingga akan ikut menyala saat lampu kepala menyaala.

Lampu Spidometer
Berfungsi memberi pencahaayan pada panel instrument. Spidometer, Takometer, Fuel Level dll. Lampu panel instrument akan menyala saat lampu kota dan lampu kepala menyala. Tanpa adanya lampu Panel spidometer semua parameter di panel instrumen tidak akan bisa terbaca secara jelas saat malam hari tiba.

Kabel atau Soket
Komponen sistem penerangan yang di hubungkan oleh kabel - kabel soket sehingga membentuk sebuah sistem penerangan. Kabel berfungsi uuntuk mengalirkan arus listrik, sedangkan soket digunakan untuk daapat menghubungkan kabel dan komponen sistem penerangan. Soket juga dapat memutuskan dan menyambungkan antara bagian kabel dengan mudah dan tanpa merusaknya.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Komponen-Komponen Sistem Penerangan"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel