Penjelasan Lengkap Lampu Kepala AC dan DC Sepeda Motor

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

HiroApriIto, Karawang - Sistem penerangan kendaraan sepeda motor bekerja dengan prinsip kerja yang sangat sederhana. Jika memang terkesan pada sistem penerangan memiliki prinsip kerja yang rumit itu disebabkan pemahaman terhadap sistem kelistrikan yang tidak baik. 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas prinsip kerja sistem penerangan utama, yaitu lampu kepala. Untuk lampu - lampu lain yang ada di dalam sistem penerangan tidak akan dibahas secara terpisah hal ini disebabkan semua lampu - lampu tersebut hanya dirangkai paralel dengan lampu kepala. Berdasarkan pada jenis tegangan yang dipergunakan, ada dua macam lampu kepala, yaitu lampu kepala AC dan lampu kepala DC.

1. Lampu Kepala AC
lampu kepala ini dan semua lampu yang di rangkai secara paralel dengan lampu kepala bekerja dengan tegangan AC. Tegangan ini bersumber dari generator langsung dan besar tegangannya diatur oleh regulator sebelum dialirkan ke lampu kepala. Nyala lampu kepala AC mengikuti besarnya daya yang sedang dihasilkan oleh generator. Karena generator diputar oleh mesin, maka daya yang dihasilkan juga bervariasi sehingga nyala lampu kepala bervariasi mengikuti kecepatan dari putaran mesin atau rpm. Lampu kepala AC banyak dipergunakan pada kendaraan bebek, skuter matic, dan beberapa tipe motor sport.

Lampu kepala AC tidak membutuhkan baterai sehingga jika baterai mengalami kerusakan, maka lampu kepalanya tetap menyala. 
Prinsip kerja lampu kepala AC dalam ragkaian ini dijelaskan. Sewaktu kunci kontak di putar keposisi ON dan mesin menyala, maka arus listrik mengalir ke generator menuju generator. Di regulator tegangan listrik yang menuju lampu dibatasi 12 V agar lampu ini tidak rusak. Dari regulator arus listrik mengalir menuju saklar lampu kepala jika memang menggunakannya. Arus listrik akan ke lampu kota, lampu belakang, lampu plat nomor dan lampu panel instrument, sewaktu saklar lampu kepala digerakkan sekali posisi 1. Semua lampu ini dirangkai secara paralel sehingga akan menyala bersamaan saat saklar lampu kepala digerakkan menuju posisi 1. Sewaktu saklar lampu kepala di gerakkan ke posisi 2, arus listrik mengalir ke saklar lampu dekat jauh. Pada saat ini lampu kota dan lampu lain yang di rangkai paralel dengan lampu kota akan tetap menyala.

Pada sepeda motor yang tidak di lengkapi dengan saklar lampu kepala, semua lampu sistem penerangan akan langsung menyala saat mesin menyala, baik saat siang ataupun malam hari. Tidak dipergunakannya saklar lampu kepala dengan maksud agar lampu kepala selalu menyala dan pengendara tidak pernah lupa untuk menyalakan lampu. Lampu kepala AC tidak akan membebani baterai sehingga baterai lebih panjang usianya. Lampu jenis ini cocok untuk penggunaan secara continue siang atau malam hari. dari pada lampu kepala DC yang sangat tergantung dengan baterai. Kelemahannya, cahanya lampu kepala AC tidak dapat konstan sehingga terkesan lebih redup.

2. Lampu Kepala DC
Tipe lampu ini mulai banyak dipergunakan pada kendaraan karena nyala lampunya memiliki sifat yang konstan atau tetap di bandingkan dengan lampu kepala AC. Prinsip kerjanya hampir sama dengan lampu kepala AC, namun pada lampu kepala DC menggunakan arus listrik dari baterai. Generator tetap digunakan yaitu untuk mengisi muatan arus pada baterai. Dapat dikatakan sumbe tenaga listrik lampu kepala DC juga berasal dari generator. Arus listrik dari baterai sudah memiliki tegangan 12 V, sehingga tidak dibutuhkan regulator dalam rangkaian lampu. Regulator tetap digunakan namun hanya digunakan untuk mengatur besarnya tegangan arus pengisian baterai.
Prinsip kerja lampu kepala DC dalam rangkaian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut ini. Kunci kontak yang diputar ke posisi ON mesin menyala atau mati, maka pada muatan arus listrik yang mengalir dari baterai ke saklar lampu kepala jika di gunakan. Maka saklar lampu kepala digeser ke posisi 1, arus listrik akan mengalir ke lampu kota, lampu belakang, lampu plat nomor, dan panel instrumen. Sewaktu saklar lampu kepala di geser ke posisi yang ke 2, arus listrik mengalir ke saklar dekat jauh dan lampu kepala. Lampu kepala akan dapat menyala sesuai dengan posisi saklar lampu jauh dan dekat. Di posisi ini lampu kota dan lampu lainnya yang di rangkai secara paralel dengan lampu kota tetap akan menyala.

Lampu kepala DC ini sangat membebani baterai, khususnya jika daya lampu yang dipergunakan cukup besar. Sistem pengisian juga ikut terbebani dikarenakan daya yang di konsumsi lampu selalu sama untuk setiap putaran mesinnya atau rpm. Padahal kemampuan membangkitkan tenaga listrik generator cukup bervariasi tidak bisa konstan mengikuti kecepatan pada putaran mesin. Untuk mengatasinya maka hampir semua kendaraan dengan sistem DC akan mulai menggunakan LED yang jauh lebih hemat Daya dan terang.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Lampu Kepala AC dan DC Sepeda Motor"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel