Perawatan Power Tools yang Baik dan Benar

Tenang Link yang kami berikan pasti aman dari Virus, Malware, Pencurian Data, Dll.

HiroApriIto, Karawang - Peralatan power tools yang sering kali dipergunakan kelamaan pasti akan ada yang namanya keusakan, atau cepat rusak. Artinya untuk mencegah hal ini terjadi pada pelengkapan power tools maka perlu dilakukan yang namanya Perawatan.
Perawatan ini dimaksudkan untuk bisa mengurangi kemungkinan akan kerusakan, gangguan, menjaga perlengkapan supaya tetap dalam kondisi yang prima sesuai dengan standarnya. Serta memproteksi agar tidak terjadi yang namanya kecelakaan kerja. Berikut ini adalah langkah - langkah dalam melakukan perawatan terhadap power tools.

1. Perawatan Mesin Bor
Ada 2 jenis perawatan dari mesin bor, diantaranya perawatan untuk pencegahan kerusakan dan perawatan setelah terjadi kerusakan. Pencegahan kerusakan dari mesin bor dilakukan dengan cara rutin, misalnya saja. Pemberian pelumasan secara rutin pada bagian dari mesin yang berputarsetelah dipergunakan.

Mesin ini jika tidak dibersihkan secara rutin atau teratur akan bisa membuat kerusakan pada mesinnya. Debu yang masuk kedalam mesin, terutama komponen yang berputar akan membuat putaran mesin menjadi tidak sehat atau kurang lancar.

Penggunaan mesin bor yang teapat akan mencegah kerusakan. Pemakaian mesin bor yang teapt, ialah. Pemilihan bahan mata bor sesuai dengan benda yang dikerjakannya, benda kerja dan mata bor juga harus terikat dengan kuat pada mata bor, serta tekanan pengeboran pada benda kerja haus sesuai dengan jenis logam yang dipergunakan. Mata bor yang sudah tumpul bisa diasah dengan menggunakan mesin geinda.

2. Perawatan Mesin Gerinda
Perawatan pada mesin gerinda dilakukan dengan membeikan pelumasan pada bagian mesin tertentu dan membersihkan komponen mesin gerinda dari kotoran, debu ataupun dari karat. Selain itu, batu geinda yang digunakan juga wajib di cek kondisinya.

Batu gerinda yang sudah tumpul segera ganti dengan yang baru, batu gerinda yang dipergunakan pun harus disesuaikan kembali dengan benda kerjanya. Jika sudah tidak dipergunakan kembali mesin gerinda ini sebaiknya dimatikan. Jika, mesin gerinda tangan sebaiknya setelah digunakan dimatikan dan dibalik posisi penyimpanannya.

3. Perawatan Kunci Impact dan Obeng Pneumatik
Kunci Impact dan Obeng Pneumatik wajib dibersihkan secaa utin. Kunci Impat yang sudah digunakan disimpan kembali pada tempat atau wadahnya, begitu sebaliknya dengan Obeng Pneumatik. Pehatikan, saat penyimpanan alatnya jangan didalam toolbox karena membuat kerusakan terhadap komponen alat ini. Tekanan kompessor dan tali pada kunci impact, obeng pneumatik harus di cek kondisinya secara bekala.

0 Response to "Perawatan Power Tools yang Baik dan Benar"

コメントを投稿

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel